JudulPENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN PERSEPSI MANFAAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank Negara Indonesia Kota Palu) |
Nama: NUR FAIZA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Menggunakan Mobile Banking Dengan Persepsi Manfaat Sebagai Variabel Intervening pada Nasabah Bank Negara Indonesia Kota Palu. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model sebagai dasar penyusunan kerangka konseptual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pengguna mobile banking dan diperoleh sebanyak 100 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square dengan bantuan program WarpPLS versi 6.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap niat menggunakan mobile banking. Terdapat pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap persepsi manfaat. Terdapat pengaruh tidak langsung antara persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat menggunakan mobile banking melalui persepsi manfaat. Kata kunci: Mobile Banking, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Technology Acceptance Model. This study aims to examine and analyze the Effect of Perceived Ease of Use on Intention to Use Mobile Banking with Perceived Usefulness as an Intervening Variable on BNI Bank Customers in Palu. This study uses the Technology Acceptance Model theory as the basis for preparing a conceptual framework. This type of research is quantitative research. The population in this study were all customers using mobile banking and obtained as many as 100 respondents as the research sample. The sampling technique using snowball sampling. The research data was obtained from a questionnaire and measured using a Likert scale. The data analysis technique used Partial Least Square with WarpPLS version 6.0. The results of this study indicate that there is an influence between perceived ease of use and perceived usefulness towards intention to use, there is an effect of perceived ease of use on perceived usefulness, and there is an indirect effect between perceived ease of use on intention to use through perceived usefulness. Keywords: Mobile Banking, Perceived of Ease of Use, Perceived Usefulness, Technology Acceptance Model. |