JudulPENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNTAD |
Nama: PUTRI MIATA SUKMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Putri Miata Sukma, C 301 16 133. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual. Kecerdasan Spiritual, dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa Mahasiswa S1 Akuntansi UNTAD”. Dibimbing oleh Chalarce Totanan selaku pembimbing I dan Jamaluddin selaku pembimbing II. Penlitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar dengan locus of control sebagai variabel moderasi pada mahasiswa S1 Akuntansi UNTAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, dengan mengunakan teknik pengambilan sempel metode proportional random sampling. Responden dalam penelitian ini yakni mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2017- 2019 yang berjumlah 277 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif mengunakan analisis uji asusmi klasik dan nilai selisih mutlak dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Locus of control mampu memoderasi hubungan antara kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar mahasiswa. Locus of control tidak mampu memoderasi hubungan antara kecerdasan spiritual, dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Keaktifan Berorganisasi, Prestasi Belajar, dan Locus Of Control. |