JudulPENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH DENGAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH DAERAH SEBAGAI PEMODERASI |
Nama: RESTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Resti C 301 16 022. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah Dengan Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Organisasi Perangkat Dearah Kabupaten Donggala)”. Dibimbing oleh Nina Yusnita Yamin dan Muhammad Iqbal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas laporan keuangan daerah dengan penerapan sistem akuntansi pemerintah daerah sebagai pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 51 organisasi perangkat daerah (OPD) pada Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner, yang diberikan kepada pejabat penatausahaan keuangan organisasi perangkat daerah yang menjalankan fungsi akuntansi/keuangan pemerintahan Kabupaten Donggala. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu, pengujian outer model, pengujian inner model, dan pengujian hipotesis. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan bantuan program software WarpPLS versi 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Penerapan sistem akuntansi pemerintah daerah tidak memoderasi pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Kata Kunci : Pendidikan, Pelatihan, Kualitas Laporan Keuangan Daerah, Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah |