JudulPengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Variabel Moderasi. (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako) |
Nama: MUSBAR |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Musbar, C 301 15 328. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako)”. Dibimbing oleh Nurhayati Haris dan Nurlaela Mapparessa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Tadulako. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data melalui Google Form sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan intelektuan dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Sementara, perilaku belajar tidak memoderasi hubungan antara kecerdasan spiritual dengan pemahaman akuntansi dan perilaku belajar tidak memoderasi hubungan antara minat belajar dengan pemahaman akuntansi sedangkan perilaku belajar memoderasi hubungan antara kecerdasan intelektual dengan pemahaman akuntansi. Selain itu, perilaku belajar mampu memoderasi pengaruh kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi, namun tidak dapat memoderasi pengaruh kecerdasan spiritual dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi. Kata kunci : Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Minat Belajar, Perilaku belajar |