JudulPENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN PERILAKU BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako) |
Nama: NURIMAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nuriman, C 301 15 213, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako), dimbimbing oleh Fadli Moh. Saleh selaku pembimbing I dan Masruddin sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan perilaku belajar sebagai variabel moderasi. Pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 sampel mahasiswa akuntnasi Universitas Tadulako angkatan 2015-2017. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan MRA dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara parsial memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan untuk perilaku belajar memoderasi hubungan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Pemahaman Akuntnasi, Perilaku Belajar |