JudulPRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: FEIBY CHINTYA DEWI DJAELANGKARA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dari Praktik Creative Accounting yang terjadi pada lingkungan organisasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako dalam penyusunan laporan pertanggungjawab. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan etnometodologi sebagai alat analisis. Temuan pertama dalam penelitian menunjukan bahwa praktik Creative Accounting merupakan daerah perang yang ‘abu-abu’ dimana para ‘pejuang’ tidak dapat menentukan apakah posisi mereka benar atau salah dan mereka diperhadapkan pada sebuah situasi yang terbalik dari pemahaman dalam Akuntansi yakni Form over substansi. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukan ada 5 cara yang digunakan oleh lembaga kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako yaitu : melakukan perencanaan yang peneliti sebut dengan Grand strategi, melakukan pembengkakan anggaran, mengadakan manipulasi bukti transaksi, mendahulukan kegiatan kecil agar surplus kegiatan tersebut dapat digunakan pada kegiatan besar di akhir periode kepengurusan, dan mengajarkan kepada angkatan junior mengenai cara-cara untuk mendapatkan pendanaan. Taktik atau cara tersebut digunakan oleh para aktor untuk memenuhi hak mereka. Kata kunci : Creative Accounting, Organisasi mahasiswa, hak, strategi |