Judul PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Tadulako) |
Nama: YULITA PAMELA TANIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak YULITA, C 301 15 104. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Tadulako)”. Dibimbing oleh Andi Chairil Furqan Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Tadulako. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Versi 26.0. Data primer diperoleh dari hasil tanggapan responden melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara parsial kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi |