JudulPENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT CENTERED LEARNING DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako) |
Nama: DEVIKA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Devika, C 301 15 052, “Pengaruh Penerapan Metode Student Centered Learning Dan Efikasi Diri Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Pembelajaran Akuntansi Keuangan” (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako). Dibimbing oleh Chalarce Totanan selaku pembimbing I dan Yuldi Mile selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji serta menganalisis pengaruh penerapan metode student centered learning dan efikasi diri terhadap pemahaman mahasiswa pada pembelajaran akuntansi keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner sebanyak 232 mahasiswa akuntansi angkatan 2015 dan 2016, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan penerapan metode student centered learning dan efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa pada pembelajaran akuntansi keuangan. Secara parsial penerapan metode student centered learning dan efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa pada pembelajaran akuntansi keuangan. Kata Kunci: Akuntansi Keuangan, Efikasi Diri, Pemahaman Mahasiswa Student Centered Learning. |