JudulPENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: MUNIFAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Munifar, C 301 15 049. Judul Penelitian: “Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako”. Dibimbing oleh Ridwan dan Ni Made Suwitri Parwati Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh self efficacy, lingkungan teman sebaya dan minat membaca terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrument penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2016, 2017 dan 2018 yang berstatus aktif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan kriteria yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016, 2017 dan 2018 dengan minimal IPK 3,50 keatas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Self efficacy, Lingkungan teman sebaya dan Minat membaca secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Self efficacy berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Minat membaca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Kata Kunci: Self Efficacy, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Membaca, Prestasi Belajar |