JudulPENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN PENDEKATAN BELAJAR PESAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN AKUNTANSI: PENELITIAN EKSPERIMEN |
Nama: RIA ANGRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ria Angriani, Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Pendekatan Belajar Pesan Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Persamaan Akuntansi: Penelitian Eksperimen. Dibimbing oleh Sudirman selaku pembimbing I dan Nina Yusnita Yamin selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan motivasi intrinsik dan pendekatan belajar pesan terhadap pemahaman konsep persamaan akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan berbentuk two-group pretest-posttest design, dalam desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random. Subjek/partisipan dalam penelitian adalah mahasiswa aktif program studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako yaitu mahasiswa angkatan 2018 berjumlah 50 mahasiswa yang dipilih secara acak. Pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik tes. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen dengan perlakuan motivasi intrinsik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen dengan perlakuan pendekatan belajar pesan. Mengindikasikan jika diberikan treatment secara audio visual dan komunikasi persuasif maka akan meningkatkan pemahaman tentang konsep persamaan akuntansi. Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Pendekatan Belajar Pesan, Tingkat Pemahaman |