JudulPENGARUH BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2018-2020) |
Nama: SITI JAENAB |
Tahun: 2022 |
Abstrak Siti Jaenab, Pengaruh Biaya Bahan Baku dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan (Studi pasa Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Dibimbing Oleh Yuldi Mile Selaku Pembimbing I dan dan Jurana N.S, Selaku Pembimbing II Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana biaya bahan baku dan biaya promosi mempengaruhi volume penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa biaya bahan baku dan biaya promosi dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder, diperoleh dari laporan tahunan masing-masing perusahaan dengan tahun terbit 2018, 2019 dan 2020. Jumlah observasi sebanyak 105 data ditentukan dengan metode purposive sampling. Regresi linear berganda merupakan alat analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya bahan baku secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan, biaya promosi juga secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan. Secara simultan biaya bahan baku dan biaya promosi berpengaruh terhadap volume Penjualan. Hai ini karena biaya bahan baku yang dikeluarkan oleh perusahaan digunakan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas serta perusahaan mampu menggunakan biaya promosi dengan tepat. Kata Kunci: Biaya bahan baku, biaya promosi, volume penjualan |