Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH SISTEM INFORMASI DAN SOSIALISASI TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PALU
Nama: ANDY ANUGRAH SARANGA
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem informasi dan sosialisasi secara simultan terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palu; (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem informasi secara parsial terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palu; dan (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sosialisasi secara parsial terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kausal. Populasi penelitian sebanyak 8.440 orang masyarakat Kota Palu yang bermohon mengurus berbagai macam bentuk masalah pertanahan selama lima bulan terakhir (bulan Januari s/d Mei tahun 2021). Dari populasi penelitian di atas, ditetapkan sampel sebanyak 99 orang masyarakat yang bermohon pada Kantor Pertanahan Kota Palu untuk mengurus berbagai macam masalah pertanahan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem informasi dan sosialisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palu, dengan nilai Sig-F sebesar 0,000 < ? 0,05; (2) Sistem informasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palu, dengan nilai Sig-t 0,000 < ? 0,05; dan (3) Sosialisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palu, dengan nilai Sig-t 0,000 < ? 0,05.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up