Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI POLITICAL MARKETING DAN VOTER’S DECISION MELALUI POLITICAL BRAND PERSONALITY SERTA BRAND RESONANCE PADA PEMILIHAN GUBERNUR SULAWESI TENGAH TAHUN 2024
Nama: IHKSAN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ihksan C20322001, Program Doktoral Ilmu Ekonomsi Pascasarjana Universitas Tadulako. “Strategi Political Marketing dan Voters’ Decision Melalui Political Brand Personality serta Brand Resonance Pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2024.” (Dibimbing oleh Syamsul Bachri dan Ponirin) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Political Marketing terhadap Voters’ Decision dengan mempertimbangkan peran Political Brand Personality dan Brand Resonance sebagai variabel mediasi dalam pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2024. Model yang diuji dalam penelitian ini mengacu pada konsep Political Marketing Denny JA, yang sebelumnya belum banyak diuji dalam penelitian akademik. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel berdasarkan data yang dikumpulkan dari pemilih sebanyak 278 responden yang merupakan pemilih potensial dalam pemilihan gubernur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Political Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Voters’ Decision, Political Brand Personality, dan Brand Resonance. Selain itu, Political Brand Personality juga terbukti berpengaruh positif terhadap Voters’ Decision dan Brand Resonance, Brand Resonance juga berpengaruh terhadap Voters’ Decision. Pengaruh Political Marketing terhadap Voters’ Decision melalui Brand Resonance tidak signifikan, yang menunjukkan bahwa resonansi merek tidak secara langsung memperkuat keputusan pemilih. Sebaliknya, Political Brand Personality berperan sebagai variabel mediasi yang signifikan antara Political Marketing dan Voters’ Decision. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan menguji model Political Marketing Denny JA dalam konteks pemilihan kepala daerah serta memperkaya kajian mengenai Political Brand Personality dan Brand Resonance dalam strategi pemasaran politik. Dari sisi praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi kandidat, partai politik, dan konsultan politik dalam merancang strategi branding dan komunikasi politik yang lebih efektif untuk meningkatkan elektabilitas kandidat. Kata Kunci: Political Marketing, Political Brand Personality, Brand Resonance, Voters’ Decision, Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up