JudulPERAN PEMASARAN GO-JEK DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK, CITRA MEREK, DAN MINAT BELI ULANG KONSUMEN DI INDONESIA |
Nama: BOBY PUTRA PRATAMA MASYHUDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pemasaran media sosial terhadap kesadaran merek, memahami pengaruhnya terhadap citra merek, menilai dampaknya terhadap minat beli ulang, serta menginvestigasi hubungan antara kesadaran merek, citra merek, dan minat beli ulang. Fokus variabel eksogen dalam penelitian ini adalah pemasaran media sosial, sedangkan variabel endogen melibatkan kesadaran merek, citra merek, dan minat beli ulang. Peran mediator diberikan pada kesadaran merek dan citra merek. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kausal dengan melibatkan 250 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode partial least square (PLS). Temuan dari penelitian memberikan bukti bahwa (1) Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek konsumen GO-JEK di Indonesia, (2) Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek konsumen GO-JEK di Indonesia, (3) Pemasaran media sosial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang konsumen GO-JEK di Indonesia, (4) Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek konsumen GO-JEK di Indonesia, (5) Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen GO-JEK di Indonesia, (6) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen GO-JEK di Indonesia, (7) Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kesadaran merek konsumen GO-JEK di Indonesia, dan (8) Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui citra merek konsumen GO-JEK di Indonesia. |