| JudulPENGARUH E-WOM, SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT UNTUK MEMBOIKOT MEREK DENGAN GENERATIONAL COHORT SEBAGAI VARIABEL MODERASI |
| Nama: PAQUITA ANGGRIANI SANTOSO |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh E-WOM, Sikap, Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Yang Dirasakan terhadap Niat untuk Memboikot Merek dengan Generational Cohort sebagai variabel moderator. Sampel dalam penelitian ini adalah generasi X,Y,Z di Kota Palu yang berjumlah 130 responden yang dipilih menggunakan non probability sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software SmartPLS 4. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa E-WOM tidak mempengaruhi Niat Boikot merek yang berafiliasi dengan Israel di kalangan konsumen di Kota Palu. Sikap tidak mempengaruhi Niat Boikot merek yang berafiliasi dengan Israel di kalangan konsumen di Kota Palu. Norma Subjektif memiliki efek yang signifikan pada Niat Boikot merek yang berafiliasi dengan Israel terhadap konsumen di Kota Palu. Kontrol Perilaku yang Dirasakan memiliki efek signifikan pada Niat Boikot merek yang berafiliasi dengan Israel pada konsumen di Kota Palu. Generational cohort memoderasi efek norma subjektif pada Niat Boikot merek yang berafiliasi dengan Israel pada konsumen di Kota Palu. Hal ini menunjukkan bahwa dorongan sosial memiliki peran yang berbeda dalam membentuk niat boikot tergantung pada karakteristik generasi yang bersangkutan. E-WOM, Sikap, dan Kontrol Perilaku yang Dirasakan tidak menunjukkan perbedaan pengaruh yang signifikan antar kelompok generasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa generational cohort tidak memoderasi hubungan antara E-WOM, Sikap, dan Kontrol Perilaku yang Dirasakan pada Niat untuk Memboikot. |