JudulSTRATEGI MANAJEMEN OPERASIONAL PADA MB BAKERY & COFFE DI KELURAHAN BESUSU TENGAH KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU |
Nama: AKHROJA NUR AZMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Akhroja Nur azmi, “Strategi Manajemen Operasional Pada MB Bakery and Coffe di Kelurahan Besusu Tengah Kecamatan Palu Timur Kota Palu”. Dibimbing oleh Sulaeman Miru dan Syamsuddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan strategis dalam manajemen operasional yang diterapkan pada MB Bakery & Coffe, kemudian menggunakan analisis Five Force Porters untuk mengetahui keunggulan bersaing MB Bakery & Coffe di dalam industri coffe shop di Kota Palu. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Besusu Tengah Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dengan informan yang menjadi narasumber pada penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan dengan menggunakan Five Porter Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MB Bakery & Coffe telah menerapkan sepuluh keputusan strategis dalam manajemen operasional pada tempat usahanya. Berdasarkan Five Porter Analysis dapat ditemukan: 1) Tantangan MB Bakery & Coffe adalah akan hadirnya satu coffe shop pendatang baru di Kota Palu sebagai pesaing baru. 2) Kekuatan daya beli masyarakat pada MB Bakery & Coffe saat ini masih berada pada kondisi yang sama karena mayoritas tamu adalah tamu lama yang tingkat loyalitasnya tinggi, sedangkan tamu baru masih minim. Hal tersebut disebabkan oleh semakin tinggi tingkat persaingan café dan coffe shop di Kota Palu dan keinginan tamu yang dinamis. 3) Ancaman produk pengganti tidak terlalu menjadi masalah tersendiri pada MB Bakery & Coffe saat ini, tetapi perusahaan dituntut harus terus berinovasi untuk mempertahankan eksistensi perusahaan. 4) Kekuatan daya pemasok di MB Bakery & Coffe cukup tinggi. Semua bahan makanan dan biji kopi yang sudah di roaster pihak MB Bakery & Coffe sangat selektif dalam memilih bahan, karena sajian yang disajikan untuk para costumer haruslah dengan kualitas baik. 5) MB Bakery & Coffe mendapatkan dua pesaing utama yang memiliki konsep yang sama dengan tempat usaha ini. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kota Palu Tahun 2023 jumlah kedai kopi dan coffe shop di Kota Palu adalah sebanyak 67 tempat usaha. Hal tersebut menjadikan industri café dan coffe shop di Kota Palu semakin sengit. Kata Kunci: Keputusan Strategis Manejemen Operasional, Five Force Porter, Coffe Shop |