JudulPENGARUH PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (Studi Pada Destinasi Wisata Kepulauan Togean Kabupaten Tojo Una-Una) |
Nama: EKA AYU SAVITRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan secara empiris (1) pengaruh positif dan signifikan pengembangan destinasi pariwisata terhadap kepuasan wisatawan berkunjung pada destinasi wisata kepulauan Togean Kabupaten Tojo Una-Una (2) pengaruh positif dan signifikan social media marketing terhadap kepuasan wisatawan (3) pengaruh positif dan signifikan kepuasan wisatawan terhadap minat berkunjung kembali (4) pengaruh positif dan signifikan pengembangan destinasi pariwisata terhadap minat berkunjung kembali (5) pengaruh positif dan signifikan social media marketing terhadap minat berkunjung kembali (6) pengaruh positif dan signifikan pengembangan destinasi pariwisata terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan (7) pengaruh positif dan signifikan social media marketing terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan. Tipe penelitian menggunakan Explanatory atau Confirmatory Research. Pengujian hipotesis menggunakan PLS-SEM dengan sampel sebanyak 120 responden yang terdiri dari Wisman dan Wisnu. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pengembangan destinasi pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada destinasi wisata kepulauan Togean Kabupaten Tojo Una-Una (2) Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (3) Kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (4) Pengembangan destinasi pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (5) Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (6) Pengembangan destinasi pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan (7) Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan. Keywords : Pengembangan Destinasi Pariwisata, Social Media Marketing, Kepuasan Wisatawan, Minat Berkunjung Kembali. |