JudulPENGARUH E-SECURITY DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA PALU |
Nama: DHIFA LATIFAH KARIM |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dhifa Latifah Karim. C 202 21 009, Pengaruh E-Security dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening Konsumen Shopee di Kota Palu (dibimbing Oleh Wahyuningsih dan Muzakir). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-security (keamanan elektronik) dan e-trust (kepercayaan elektronik) terhadap repurchase intention (minat berbelanja kembali) dengan e-satisfaction (kepuasan elektronik) sebagai variabel intervening konsumen Shopee di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausalitas di mana penelitian ini berusaha untuk mengevaluasi dan menganalisis dari pengaruh dari variabel independent terhadap variabel dependent. Sampel penelitian ini merupakan pengguna layanan jual beli online Shopee yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali di kota Palu yang ditetapkan dengan menggunakan metode purposive sampling dan berjumlah 120 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) E-Security tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction pada konsumen Shopee di Kota Palu. 2) E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction pada konsumen Shopee di Kota Palu. 3) E-Security tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada konsumen Shopee di Kota Palu. 4) E-Trust berpengaruh positif dan signifikan pada repurchase intention pada konsumen Shopee di Kota Palu. 5) E-satisfacion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada konsumen Shopee di Kota Palu. 6) E-Security memiliki pengaruh secara positif dan signifikan pada repurchase intention melalui e-satisfaction pada konsumen Shopee di Kota Palu. 7) E-Trust memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada repurchase intention melalui e-satisfaction pada konsumen Shopee di Kota Palu. Kata Kunci: E-Satisfaction, Minat Pembelian Kembali, E-Trust, E-Security |