JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MELALUI KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALU TESIS Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Magister Manajemen Oleh: RATNA KUSUMA DEWI C 202 20 059 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MELALUI KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALU |
Nama: RATNA KUSUMA DEWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan melalui kepuasan masyarakat pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Palu. Jenis penelitian adalah deskriptif kausal. Sampel penelitian adalah masyarakat yang sedang menerima pelayanan di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Palu yang ditetapkan melalui metode purposive sampling dan berjumlah 100 pasien. Penelitian ini menggunakan metode analisis data path analys yang dilakukan dengan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, 3) Kepuasan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, 4) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan melalui kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, kepercayaan masyarakat. |