JudulPENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS NON PENERIMA BANTUAN IURAN (Studi Kasus Puskesmas Pantoloan) |
Nama: LYLIEK ANDRYANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan dan dampaknya terhadap kepuasan pasien peserta BPJS non penerima bantuan iuran di Puskesmas Pantoloan. Populasi penelitian adalah peserta BPJS non penerima bantuan iuran yang terdaftar di Puskesmas pantoloan dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, kuisioner dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM) Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa product tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. Price tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. Promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. Place berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. People tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. Process tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. Physyical Evidence berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien. Keputusan pasien berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Keputusan memberi pengaruh secara langsung dan tidak langsung pada bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Non Penerima Bantuan pada Puskesmas Pantoloan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Pasien, Kepuasan Pasien. |