JudulPENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA UD. DIAKEN MANDIRI MOTOR DI KOTA PALU |
Nama: LINDA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Linda, C 202 18 054, “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada UD. Diaken Mandiri Motor Di Kota Palu”, dibimbing oleh Harifuddin Thahir selaku Pembimbing I dan Ira Nuriya Santi selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serempak dan parsial variabel diferensiasi produk, yang terdiri dari bentuk, fitur, mutu kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki, gaya, dan rancangan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada UD. Diaken Mandiri Motor di Kota Palu. Jenis penelitian ini, adalah penelitian deskriptif kausal. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha pada UD. Diaken Mandiri Motor di Kota Palu, dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan melalui hasil observasi. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel dengan purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Adapun metode analisis data yang digunakan, adalah analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis). Hasil pengujian secara serempak menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk, yang terdiri dari bentuk, fitur, mutu kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki, gaya, dan rancangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada UD. Diaken Mandiri Motor di Kota Palu. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk, yakni bentuk, fitur, mutu kesesuaian, daya tahan, mudah diperbaiki, dan rancangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada UD. Diaken Mandiri Motor di Kota Palu. Sebaliknya, variabel diferensiasi produk, yakni mutu kinerja, keandalan, dan gaya secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada UD. Diaken Mandiri Motor di Kota Palu. Kata Kunci: Diferensiasi Produk, Bentuk, Fitur, Mutu Kinerja, Mutu Kesesuaian, Daya Tahan, Keandalan, Mudah Diperbaiki, Gaya, Rancangan, dan Keputusan Pembelian |