JudulPENGARUH HARGA DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION PADA PENGGUNA LAYANAN JASA ONLINE TRAVEL AGENT DI KOTA PALU (STUDI KASUS PADA TIKET.COM) |
Nama: ARNITA HERDAYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Arnita Herdayanti, Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako, 2022. “Pengaruh Harga dan E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Pengguna Layanan Jasa Online Travel Agent di Kota Palu (Studi Kasus pada Tiket.Com) (dibimbing oleh Syamsul Bachri dan Maskuri Sutomo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Pengguna Layanan Jasa Online Travel Agent di Kota Palu (Studi Kasus pada Tiket.Com). Jenis penelitian ini merupakan ekplanatoris atau penjelasan. Penelitian ini dilakukan kepada pelanggan aplikasi OTA tiket.com dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 190 responden, Adapun Teknik penentuan sampel tersebut menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen e-satisfaction dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ? ? 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian variabel harga dan e-service quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction dengan nilai sig-t masing-masing sebesar X1 = 0,000, dan X2 = 0,013. Lebih lanjut, ditemukan nilai R2 sebesar 0,536. Hasil tersebut menggambarkan variabel harga dan E-service Quality yang diteliti secara simultan memberikan pengaruh terhadap variabel e-satisfaction sebesar 53,6% sementara sisanya 46,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. |