JudulPENGARUH SERVANT LEADERSHIP, TRUST DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: RIZKY FACHRIAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rizky Fachriah. Pengaruh Servant Leadership, Trust dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah. (Dibimbing oleh Dr. Bakri Hasanuddin, S.E., M.Si dan Dr. Darman, S.E., MM) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership, kepercayaan pada atasan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh Servant Leadership terhadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh kepercayaan pada atasan terhadap kinerja pegawai dan mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini bersifat asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership, kepercayaan pada atasan dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 161,426 pada taraf nyata ? = 0,05 atau ? < 0,05. Servant Leadership berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,298, sementara tingkat signifikasi t sebesar 0,001. Kepercayaan pada atasan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,388, sementara tingkat signifikasi t sebesar 0,000. (4) Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,354, sementara tingkat signifikasi t sebesar 0,000. Kata Kunci : Servant Leadership, Kepercayaan, Kepuasan, Kinerja ? |