JudulANALISIS SALURAN PEMASARAN KEMIRI DI KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI |
Nama: H E R I A D I |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Heriadi, C 202 17 087. Analisis Saluran Pemasaran Kemiri di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi (dibimbing oleh Harifuddin Thahir dan Maskuri Sutomo) Penelitian ini bertujuan untuk megetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, efesiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi di Desa Sigimpu dan Desa Petimbe. Lokasi tersebut dipilih dengan sengaja (purposive), karena daerah ini memiliki luas panen dan produksi tertinggi di kecamatan palolo. Jumlah keseluruhan sampel petani yang diambil 58 orang petani, jumlah pedagang yang dijadikan sampel ada 4 orang pedagang pengumpul Desa sebanyak dua orang, satu pedagang Pengumpul Kecamatan dan satu pedagang pengumpul Kabupaten. Model analisis yang digunakan adalah saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, dan efesiensi pemasaran. Hasil penelitian ini didapatkan tiga saluran pemasaran kemiri yang ada di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Margin total pemasaran yang terkecil diperoleh pada saluran tiga sebesar Rp. 647, sedangan total margin pada saluran satu Rp. 2257 dan total margin saluran dua Rp. 1737. Efesiensi pemasaran kemiri diperoleh pada saluran pemasaran tiga lebih kecil (2,08 %), saluran pemasaran yang efesien adalah saluran tiga. Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin, Efesiensi. |