JudulPENERAPAN ORGANISASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA KEPANITERAAN KLINIK BAGIAN BEDAH, FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: ARISTO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis penerapan organisasi pembelajaran pada kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako selama pandemi Covid-19. Populasi penelitian adalah civitas akademik kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Informan sebanyak 17 orang dipilih secara purposive terdiri dari unsur pimpinan, tenaga pengajar, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara berkesinambungan melalui reduksi data, validitas data dengan triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum bahwa penerapan organisasi pembelajaran melalui pilar disiplin personal mastery, mental model, shared vision, system thinking dan team learning pada kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako selama pandemi Covid-19 oleh responden dipersepsikan mengalami penurunan. Penyerapan peserta didik melalui pembelajaran klinik secara online tidak maksimal dan tenaga pengajar kesulitan dalam memberikan pemahaman mendalam tanpa praktik secara langsung. Meskipun pihak pimpinan telah berupaya melakukan pembenahan selama pandemi Covid-19 namun pembelajaran klinik secara offline masih lebih efektif daripada pembelajaran secara online. |