JudulPENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN NOMONI SORE HARI PADA PUSKESMAS KAMONJI KOTA PALU |
Nama: MOHAMAD IRZAM |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Mohamad Irzam, Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Nomoni Sore Hari Pada Puskesmas Kamonji Kota Palu (dibimbing oleh Sulaeman Miru dan Harnida Wahyuni Adda). Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja pegawai yang terdiri dari kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian secara simultan dan parsial terhadap kualitas pelayanan kesehatan Nomoni sore hari pada Puskesmas Kamonji Kota Palu. Populasi penelitian sebanyak 500 orang pasien yang datang berobat memanfaatkan pelayanan kesehatan Nomoni sore hari selama satu bulan terakhir dengan rata-rata kunjungan pasien per hari sebanyak 20 pasien. Untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini penulis menentukan sebanyak 100 orang pasien dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara Snowball Sampling. Jenis penelitian ini berorientasi pada penelitian kuantitatif eksplanasi, yaitu penelitian yang menjelaskan suatu generalisasi sampel terhadap populasinya atau menjelaskan hubungan, perbedaan atau pengaruh variabel terhadap variabel lainnya. Sementara teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kinerja pegawai yang terdiri dari kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan Nomoni sore hari pada Puskesmas Kamonji Kota Palu. Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan |