JudulPENGARUH POLITICAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMILIH WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PALU |
Nama: NURUL HUDA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh political marketing terhadap keputusan masyarakat memilih wali kota dan wakil wali kota Palu. Pendekatan political marketing dengan melibatkan konsep pemasaran produk (X1), promosi (X2), harga (X3) dan distribusi (X4) sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependennya adalah keputusan memilih. Sasaran penelitian adalah masyarakat Kota Palu yang terdaftar di dalam daftar pemilih tetap (DPT) tahun 2015. Pengambilan sampel melalui metode proporsional random sampling berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan secara simultan political marketing terhadap keputusan masyarakat Kota Palu. Pada uji secara parsial variable produk berpengaruh tidak signifikan, sedangkan tiga variable promosi, harga serta distribusi masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan masyarakat dalam memilih wali kota dan wakil wali kota Palu. Selain itu hasil uji determinasi memperlihatkan variabel independen (produk (X1), promosi (X2), harga (X3) dan distribusi (X4)) mampu menjelaskan pengaruh variabel tersebut sebesar 43,7% sedangakan 56,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Political Marketing, produk, promosi, harga dan distribusi |