JudulPENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu) |
Nama: MANSUR |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Mansur C 202 16 001, Pengaruh Customer Relationship Marketing, Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu), dibimbing oleh Bapak Syamsul Bachri dan Sulaeman Miru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing, Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palu sebagai objek dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif. Total populasi pada penelitian ini sebanyak 5.289, Sampel penelitian terdiri dari 196 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Proporsional Random Sampling. Untuk menguji validitas dan reliabilitas menggunakan perhitungan manual dengan rumus, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan metode statistik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Relationship Marketing, Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Dimensi terkuat hubungannya dengan Kepuasan Pelanggan adalah BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan perusahaan memberikan perlindungan kepada tenaga kerja, BPJS Ketenagakerjaan berorientasi pada tujuan melindungi pekerja dan petugas bersikap sopan kepada peserta. Kata Kunci: Customer Relationship Marketing, Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan. |