JudulANALISIS KINERJA UPTD PENGHASIL PAD BERBASIS BALANCED SCORECARD (STUDI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA PALU) |
Nama: FITRAWATY |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Responden dalam penelitian ini untuk perspektif pelanggan adalah pengguna jasa sebanyak 31 orang dan untuk perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah pegawai UPTD Pemeliharaan Peralatan dan UPTD Pengujian Bahan Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu sebanyak 36 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk responden perspektif pelanggan adalah metode accidental sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah untuk perspektif keuangan menggunakan analisis rasio keuangan dan untuk perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan analisis data distribusi frekuensi. Hasil pengukuran kinerja dengan balanced scorecard pada UPTD Pemeliharaan Peralatan dan UPTD Pengujian Bahan Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu secara keseluruhan mencapai skor 0,7 yang menurut skala kinerja termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian ini membuktikan dan mendorong penggunaan pengukuran organisasi dengan balanced scorecard terhadap setiap organisasi untuk memberikan gambaran kinerja suatu organisasi lebih lengkap dan kompherensif. Kata kunci : balanced scorecard, UPTD penghasil PAD |