JudulANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BAGIAN SATUAN LALU LINTAS (SATLANTAS) KEPOLISIAN RESORT POSO KABUPATEN POSO |
Nama: GABBY AYU ANANDA KOMPUDU |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik pada bagian Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Poso. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan metode analisis IPA (Importance Performance Analisis) dengan teknik sampel Accidental Sampling. Metode IPA menunjukkan Indikator yang harus ditingkatkan oleh pihak Satlantas Polres Poso, terdiri dari : waktu penyelesaian, kejelasan biaya, penggunaan teknologi, tanggungjawab terhadap urusan, kecepatan pelayanan, kemampuan memberikan pelayanan dan keramahan dan kesopanan. Indikator yang perlu dipertahankan kinerjanya yaitu : tanggapan terhadap keluhan, proses terhadap keluhan, transparansi cara pembayaran, dan tahap-tahap pelayanan yang jelas. Indikator dengan kinerja rendah namun belum mendesak untuk diperbaiki meliputi kesediaan menanggapi keluhan, produk pelayanan), dan mekanisme pemberian informasi. Indikator dengan kinerja yang baik namun belum terlalu diharapkan adalah kejelasan persyaratan, prosedur pelayanan mudah dipahami, prosedur pelayanan berbelit-belit, tidak ada perubahan urusan, kompetensi dalam tugas dan fungsi, ketersediaan fasilitas pendukung, dan kondisi kantor.. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Kualitas Layanan dan Satlantas Polres Poso. |