JudulPERAN CONTENT MARKETING INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS PADA USAHA SPRINGSHOP_PLW |
Nama: EVA OCTAVIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Instagram telah menjadi salah satu media sosal paling populer dan berpengaruh, membuatnya efektif untuk pemasaran produk dan membangun kesadaran merek (brand awareness). Salah satu strategi yang populer adalah content marketing. Banyak pelaku usaha, termasuk Springshop_Plw, memanfaatkan content marketing di Instagram untuk memasarkan produk mereka. Tujuan penelitian yakni mengkaji peran content marketing instagram sebagai strategi peningkatan brand awareness pada usaha Springshop_Plw. Menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana pemerolehan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. penelitian ini menganalisis implementasi strategi content marketing Instagram Springshop_Plw berdasarkan delapan tahap yang dikemukakan oleh Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Springshop_Plw secara efektif menggunakan berbagai fitur Instagram seperti Reels, Feeds, Stories, dan Highlights untuk meningkatkan interaksi dan jangkauan. Analisis data Instagram menunjukkan peningkatan signifikan jumlah pengunjung dari 440 menjadi 604 dalam periode 90 hari, mengindikasikan pertumbuhan brand awareness. Konten marketing, terutama Reels, menunjukkan performa yang baik dalam menarik perhatian pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi content marketing Instagram Springshop_Plw berhasil meningkatkan brand awareness, mengubah status audiens dari unaware of brand menjadi brand recognition dalam piramida brand awareness. Penelitian ini memaparkan bahwa content marketing di Instagram dapat menjadi strategi efektif untuk membangun brand awareness bagi usaha kecil seperti Springshop_Plw. Kata Kunci: Content Marketing; Instagram; Brand Awareness; Social Media Marketing |