Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA KELURAHAN BIROBULI UTARA
Nama: MARWAH
Tahun: 2025
Abstrak
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi oleh Kelurahan Birobuli Utara seperti keterbatasan sumber daya manusia (SDM), fasilitas yang belum memadai, dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap prosedur layanan yang menjadi hambatan dalam mencapai layanan yang optimal. Pengabdian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kebijakan dan program yang diterapkan oleh Kelurahan Birobuli Utara berdampak pada kualitas layanan. Variabel dalam pengabdian ini yaitu kualitas layanan yang terdiri dari dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. informan terdiri dari sekretaris Lurah, staf layanan kelurahan, ketua RT, dan warga sebagai penerima layanan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur kepada informan, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis terstruktur untuk menggali deskripsi tentang “apa” yang dialami partisipan, yaitu isi pengalaman mereka. Serta menyajikan gambaran yang jelas tentang aspek-aspek kualitatif dari pengalaman. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa meskipun terdapat beberapa hambatan, layanan yang diberikan secara keseluruhan cukup optimal. Kata kunci: Kualitas Layanan, SERVQUAL, Layanan Publik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up