Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN DALAM PROGRAM SAMARITAN CARE PADA RUMAH SAKIT SAMARITAN
Nama: RESKY SUSILAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan kajian tentang strategi pemasaran yang efektif dalam konteks program jaminan kesehatan pada rumah sakit swasta dengan mengkaji implementasi manajemen pemasaran dalam program jaminan kesehatan pada rumah sakit swasta. Metode penelitian menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisa SWOT berdasarkan pengumpulan data yang diperoleh melalui Wawancara semi struktur, Dokumentasi, dan Observasi. Hasil menunjukkan bahwa impelementasi manajemen pemasaran dengan analisa SWOT pada Program Samaritan Care mengindikasikan adanya upaya meningkatkan daya saing. Implikasi penelitian merujuk pada perumusan dan pengimpelementasian strategi pemasaran yang efektif untuk mendukung keberhasilan program Samaritan Care. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Samaritan Palu dapat diketahui bahwa posisi Rumah Sakit berada pada kuadran I yang menunjukkan kondisi yang kuat dan sangat menguntungkan. Dengan memanfaatkan peluang, maka strategi yang harus diimplementasikan yakni strategi umum mengenai dukungan terhadap kebiajakan pertumbuhan yang agresif yang dilakukan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang nampak dan nyata. Strategi yang dapat diimplementasikan berupa strategi agresif dengan meningkatkan pangsa pasar yang lebih meluas, relasi dan konektivitas area layanan, peningkatan dalam kualitas dan akses layanan serta pengembangan program baru melalui inovasi dan kerjasama mitra untuk mengembangan internal maupun eksternal Rumah Sakit Samaritan Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up