JudulPENGARUH VIRAL MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA FEB UNIVERSITAS TADULAKO MEMBELI SKINCARE SKINTIFIC DI TIKTOK |
Nama: NUR AINUN MARDIYAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Nur Ainun Mardiyah : C 201 21 147 dibimbing oleh Dr. Maskuri Sutomo, SE. M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, celebrity endorser, dan brand image terhadap keputusan mahasiswa FEB Universitas Tadulako membeli skincare Skintific di Tiktok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausal. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) viral marketing, celebrity endorser dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa FEB Universitas Tadulako membeli skincare Skintific di Tiktok. (2) variabel viral marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa FEB Universitas Tadulako membeli skincare Skintific di Tiktok. (3) variabel celebrity endorser secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa FEB Universitas Tadulako membeli skincare Skintific di Tiktok. (4) variabel brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa FEB Universitas Tadulako membeli skincare Skintific di Tiktok. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat viral marketing, celebrity endorser, dan brand image, semakin tinggi pula keputusan mahasiswa FEB Universitas Tadulako untuk membeli skincare Skintific di Tiktok. Oleh karena itu, pihak Skintific disarankan untuk terus meningkatkan strategi viral marketing, pemilihan celebrity endorser yang tepat, dan mempertahankan brand image yang baik guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: Viral Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Keputusan Pembelian. |