JudulPengaruh Pelatihan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Perawat RSUD Undata |
Nama: ARDIANSYAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak Pelatihan dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Perawat di RSUD Undata. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan serta pengaruh antara dua variabel independen, yaitu Pelatihan dan Kecerdasan Emosional, terhadap variabel dependen, yaitu Kinerja. Populasi yang diteliti mencakup seluruh perawat di RSUD Undata, yang berjumlah 496 orang, dengan sampel sebanyak 83 perawat yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan program SPSS for Windows versi 31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel Pelatihan (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Perawat, dengan nilai signifikansi F sebesar 0,01, yang lebih kecil dari 0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,821 menunjukkan bahwa 81,2?ri Kinerja Perawat dipengaruhi oleh Pelatihan dan Kecerdasan Emosional, sementara 18,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Secara parsial, Pelatihan memberikan pengaruh signifikan terhadap Kinerja Perawat dengan koefisien sebesar 0,278, sedangkan Kecerdasan Emosional menunjukkan pengaruh yang lebih besar dengan koefisien sebesar 0,508. |