Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTransformasi Pemasaran Menggunakan Bmc Pada Industri Cokelat Di Sulawesi Tengah
Nama: YOHANA ARGENIA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan (BMC) pada IKM Rapoviaka Simple, salah satu IKM cokelat di Sulawesi Tengah, dalam menghadapi kompetisi bisnis yang sangat ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada 5 informan termasuk direktur dan mitra bisnis. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IKM Rapoviaka Simple telah berhasil menjalankan bisnis dengan mengimplementasikan sembilan elemen BMC, hal ini terlihat dari semakin meningkatnya income setiap tahunnya. IKM ini berhasil mengidentifikasi segmen pasar utama dan mengembangkan proposisi nilai berupa desain kemasan yang inovatif dan juga cokelat berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan baku lokal. Melalui penerapan BMC, Rapoviaka Simple berhasil memperkuat posisinya di pasar lokal, melakukan inovasi, dan tumbuh ditengah yang persaingan semakin ketat. Kata kunci: BMC , Strategi Pemasaran, IKM Rapoviaka Simple

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up