JudulANALISIS RELATIONSHIP MARKETING DAN WORD OF MOUTH DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN |
Nama: FEBRIZHA ANNALIAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Relationship Marketing dan Word of Mouth (WoM) dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada peternak babi di Desa Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap lima informan yang memenuhi kriteria tertentu, dan dianalisis menggunakan metodologi Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kualitas produk, dan harga yang kompetitif menjadi kunci dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Kombinasi kedua strategi ini terbukti efektif, bahkan dalam skala usaha kecil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi Relationship Marketing dan Word of Mouth berkontribusi signifikan dalam membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan, bahkan dalam skala usaha kecil. |