Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPerubahan Preferensi Pembelian Produk Digital: Studi Tentang Switching Intention Dari Gerai Ke Marketplace Digital Di Indonesia
Nama: SITI NASUHA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh faktor pendorong (push) dan faktor penarik (pull) terhadap niat beralih dalam pembelian produk digital dari gerai ke marketplace digital, serta mengidentifikasi peran moderasi dari faktor penghambat (mooring) dalam hubungan antara faktor push dan pull dengan niat beralih. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 179 responden di Indonesia, yang dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor push, khususnya ketidakpuasan konsumen, berpengaruh signifikan terhadap niat beralih. Selain itu, faktor pull yang mencakup kualitas layanan online, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi harga, juga berpengaruh signifikan terhadap niat beralih dalam pembelian. Faktor mooring memoderasi secara negatif hubungan antara faktor pull dan niat beralih, sehingga melemahkan niat konsumen untuk beralih meskipun terdapat alternatif yang menarik. Namun, faktor mooring tidak memoderasi secara signifikan hubungan antara faktor push dan niat beralih. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai dinamika perilaku konsumen dalam transisi saluran dari toko fisik ke marketplace digital, serta menawarkan strategi yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan adopsi pembelian produk digital secara daring.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up