JudulAnalisis Strategi Bersaing Pada Toko Kosmetik Palu Makeup |
Nama: MELVA FERONICA WENGKAU |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui strategi bersaing pada Toko Kosmetik Palu Makeup untuk menghadapi posisi persaingan dalam bisnis ritel kosmetik di Kota Palu. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Untuk mempermudah dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka digunakan beberapa cara yaitu observasi (Pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Analisis Strategi Bersaing Pada Toko Kosmetik Palu Makeup berada di kuadran I. Strategi agresif (growth oriented strategy) merupakan situasi dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang signifikan sehingga memungkinkan perusahaan untuk melakukan penerapan peluang. Strategi yang harus digunakan adalah dengan memanfaatkan lokasi strategi dan area ramai pengunjung, memaksimalkan pelayanan dengan tren kecantikan yang up-to-date, menawarkan promosi menarik dengan kerja sama dengan produsen kosmetik, menggunakan influencer lokal untuk memperkuat strategi pemasaran kreatif, dan mengoptimalkan layanan free ongkir untuk menarik lebih banyak pelanggan dalam area Kota Palu. Strategi diharapkan dapat menghadapi persaingan bisnis ritel kosmetik di Kota Palu. Kata Kunci : Bisnis Ritel Kosmetik, Strategi Bersaing, Analisis SWOT |