JudulDigital Marketing Penjualan Kambing Pada CV Prima Mandiri Abadi Di Kota Palu |
Nama: HAIDIR HUSSAM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perdagangan adalah penggerak pertumbuhan ekonomi. Pengusaha mewujudkan bisnis melalui rencana dan strategi bisnis. Kambing merupakan hewan ternak yang menghasilkan daging sehat dan bergizi. Pemasaran ternak kambing di kuasai oleh lembaga skala usaha besar. Penjualan menggunakan media sosial,dengan bantuan digital marketing membantu para pengusaha lebih mudah memperkenalkan produknya.Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang peternakan kambing adalah CV. Prima Mandiri Abadi.Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dari survey, wawancara mendalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara bebas. Lokasi wawancara dilakukan di CV. Prima Mandiri Abadi di Kota Palu.Teknik pengumpulan data melalui tahap pengamatan dilakukan dengan cara peneliti terlibat dalam aktivitas para subjekpenjualan kambing PE dari tahun 2021-2023 mengalami fluktuasi baik pada digital marketing. Penjualan kambing PE mengalami peningkatan pada tahun 2022 sebanyak 96 ekor,sedangkan penjualan terendah terjadi pada tahun 2023 sebanyak 67 ekor.CV. Prima Mandiri Abadi mengalami peningkatan penjualan kambing lokal yang signifikan pada tahun 2023, sebanyak 396 ekor kambing lokal. Penjualan kambing lokal meningkat 440?ri tahun sebelumnya. Digital marketing memberikan potensi besar bagi CV. Prima Mandiri Abadi untuk meningkatkan penjualan kambing. Dengan memanfaatkan berbagai platfrom digital, seperti Whatsapp, Facebook, dan E-Katalog. Dengan penggunaan digital marketing yang tepat CV. Prima Mandiri Abadi dapat memperluas jangkauan pasar, dan membangun bisnis yang berkelanjutan. perluasan strategi pemasaran melalui platform TikTok dan Instagram dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan potensi penjualan kambing. |