JudulEFEKTIVITAS STRATEGI DIRECT MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS NUTRISARI |
Nama: AMANDA PUSPA CENDANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah strategi pemasaran langsung yang diterapkan oleh PT. Nutrifood Indonesia Cabang Palu efektif dalam membangun kesadaran merek Nutrisari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada empat orang informan yaitu pemangku kepentingan PT. NFI Cabang Palu dan para pelaku usaha merchant teh di Kota Palu sebagai subjek penelitian dengan fokus penelitian pada indikator Pemasaran Langsung dan Kesadaran Merek. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan perumusan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi strategi pemasaran langsung yang dilakukan oleh perusahaan, mencakup program potongan harga, pemasangan merek, dan dukungan materi promosi, terbukti efektif dalam membangun kesadaran merek Nutrisari di kalangan konsumen target. Pemilihan merchant teh sebagai subjek penelitian memberikan keunikan tersendiri dalam mengeksplorasi dinamika pasar teh yang belum banyak diteliti. Fokus pada merchant teh memungkinkan peneliti untuk mendalami karakteristik spesifik rantai pasok dan strategi pemasaran dalam perdagangan minuman bubuk. Namun, pembatasan ini juga dapat mengurangi kemampuan generalisasi temuan penelitian ke sektor perdagangan lainnya. |