Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Electronic Word Mouth (E-WOM) Di Social Media Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Berkunjung (Survei Pada Wisata Sausu Glamping,Parigi Moutong)
Nama: RIANY FRISKA LIESTYAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini membahas pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan dan kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Sausu Glamping, destinasi wisata pantai di Parigi Moutong, Indonesia. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan 120 responden, data dianalisis melalui Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji empat hipotesis tentang pengaruh langsung dan tidak langsung E-WOM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan secara tidak langsung juga memengaruhi kepuasan wisatawan melalui keputusan tersebut. Instrumen penelitian telah terbukti valid dan andal, serta nilai Ra yang tinggi menunjukkan bahwa model penelitian ini cukup kuat. Penelitian ini menegaskan bahwa ulasan dan interaksi di media sosial memiliki peran penting dalam membentuk persepsi, keputusan, dan kepuasan pengunjung. Meskipun ada keterbatasan dalam jumlah sampel dan metode pengumpulan data, penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan pengalaman wisata dan dapat menjadi acuan bagi pengelola destinasi dan kegiatan pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up