Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI RELATIONSHIP MARKETING DAN HARGA PADA PENCUCIAN MOTOR DI KOTA PALU
Nama: I KADEK RIO ARDAYANA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing dan Harga terhadap loyalitas pelanggan di Motor cuci di Kota Palu Penelitian kuantitatif ini dilakukan di perusahaan cuci motor Sula di Vatutela, Kota Palu. Penelitian dilakukan dari bulan Oktober hingga Desember 2024.Penelitian ini melibatkan 60 responden dan menggunakan metode Roscoe. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel di mana penelitian dilakukan pada sekelompok subjek yang memiliki karakteristik tertentu. Data dikumpulkan melalui wawancara dan mendistribusikan kuesioner kepada peserta. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda sebagai teknik analisis data dan menggunakan program SPSS sebagai alat analisis. Menurut hasil analisis regresi linier berlipat ganda yang dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variabel relationship marketing dan harga berpengaruh pada loyalitas pelanggan di Sula Motor Wash, Kota Palu, baik sebagian maupun simultan. Ini menunjukkan bahwa penetapan harga dan strategi pemasaran hubungan yang tepat membantu membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up