Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DI FACEBOOK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DIMEDIASI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKASKU
Nama: MOH. HAMZA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh E-WOM (electronic word of mouth) di platform media sosial Facebook terhadap tingkat kepuasan konsumen pada UMKM Markasku, dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi. Dengan menggunakan pendekatan survei kuantitatif terhadap 100 konsumen aktif, data diolah menggunakan metode structural equation modeling partial least squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM secara signifikan dan positif memengaruhi kepuasan konsumen, baik secara langsung maupun melalui mediasi keputusan pembelian. Ulasan positif di facebook terbukti meningkatkan kepercayaan konsumen, memengaruhi keputusan pembelian, dan berdampak pada peningkatan kepuasan konsumen. Selain itu, keputusan pembelian memperkuat hubungan antara E-WOM dan kepuasan konsumen. Penelitian ini memberikan sumbangan penting bagi pengembangan literatur pemasaran digital serta menawarkan rekomendasi praktis bagi UMKM untuk memaksimalkan E-WOM sebagai strategi meningkatkan kepuasan konsumen di era digital.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up