JudulPENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG KAPAL BELAVISTA RUTE AMPANA-KALIA |
Nama: IRVA A. |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujun untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial kualitas layanan yang terdiri dari Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness, dan Assurance terhadap loyalitas penumpang Kapal Belavista Rute Ampana-Kalia. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan survei untuk mengambil data di lapangan, jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang penumpang kapal Belavista. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan 1) Secara simultan Kualitas layanan (Y) yang terdiri dari Tangible (X1), Emphaty (X2), Reliability (X3), Responsiveness (X4) dan Assurance (X5) memiliki pengaruh terhadap variabel Loyalitas (Y) penumpang kapal Belavita, dengan nilai fhitung 16,291 > ftabel 2,38 dan nilai Sig. 0,000 < 0> ttabel 2,004 dan nilai Sig. 0,008 < 0> ttabel 2,004 dan nilai Sig. 0,015 < 0> ttabel 2,004 dan nilai Sig. 0,000 < 0> ttabel 2,004 nilai Sig. 0,014 < 0> ttabel 2,004 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Artinya Ha6 diterima dan H06 ditolak dalam penelitian ini. Besarnya pengaruh variabel Kualitas Lelayanan yaitu Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness dan Assurance terhadap Loyalitas penumpang kapal Belavista adalah sebesar 60,1%. Sedangkan sisanya sebesar 39,9% (dari 100% - 60,1%) pengaruh kualitas pelayanan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata Kunci: Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness, Assurance, Loyalitas |