JudulEKSPLOARSI FAKTOR PENGHAMBAT ADOPSI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KOTA PALU |
Nama: INDRA PARAWANGSA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Digital marketing memegang peranan penting bagi UMKM dalam meningkatkan daya saing usaha di era digital. Namun, adopsi digital marketing di kalangan UMKM masih menghadapi beragam tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam faktor-faktor penghambat adopsi digital marketing pada UMKM di Kota Palu. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus instrumental digunakan. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan 30 responden pemilik/pengelola UMKM. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian mengungkapkan lima tema utama faktor penghambat, yaitu: keterbatasan sumber daya manusia terampil, kurangnya infrastruktur teknologi informasi, minimnya anggaran pemasaran, budaya organisasi yang kurang adaptif, serta kurangnya dukungan regulasi dan kebijakan pemerintah. Upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia, perbaikan infrastruktur teknologi, akses pendanaan, perubahan budaya organisasi, dan dukungan kebijakan pemerintah diperlukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami secara mendalam tantangan adopsi digital marketing pada UMKM di Kota Palu dan menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan pemanfaatan potensi digital marketing dalam meningkatkan daya saing UMKM. |