JudulIMPLEMENTASI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN OPERASIONAL (STUDI KASUS PT BANUA MENTOR PRATAMA) |
Nama: PASCALIA .A. SUTANTO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis implementasi BMC dalam menciptakan keunggulan operasional bisnis PT Banua Mentor Pratama. Peluang bisnis jasa yang bergerak di bidang pengetahuan saat ini menjadi salah satu bisnis yang memiliki potensi besar, PT Banua Mentor merupakan salah satunya, meskipun demikian, PT Banua Mentor tidak terlepas dari hambatan dan tantangan dalam memberikan layanan dan menjaga sustainability untuk keunggulan operasional bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengidentifikasi BMC sesuai observasi dan mengelola data wawancara, serta data yang diperoleh dari jurnal, buku dan sumber lainnya, lalu dilanjutkan dengan mengidentifikasi serta menganalisis elemen BMC sesuai dengan indikator keunggulan operasional bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan operasional dan perencanaan PT Banua Mentor pratama sudah berjalan dengan sangat optimal dan sesuai dengan key building blocks BMC, namun kegiatan selanjutnya dapat dilakukan yaitu pada kegiatan promosi dan jumlah tenaga pengajar yang terserap dan aktif ditingkatkan lagi, melaksanakan lomba dan program menarik, memberikan promo dan pelatihan pada karyawan, serta terus memanfaatkan teknologi dan pengembangan inovasi sehingga menciptakan different values yang dapat menjadi pembeda dengan usaha sejenis. |