JudulPENDAMPINGAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA SAMBAL ROA DI POMBEWE BIROMARU |
Nama: ADE DWI YANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Strategi pendampingan yang dilakukan untuk membantu pelaku usaha dalam dalam rangka menerapkan pemasaran digital bagi mitra UMKM merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Fokus utamanya adalah pada upaya meningkatkan kinerja UMKM melalui pemahaman dan penerapan konsep-konsep pemasaran digital. Metode pendampingan yang diterapkan adalah dimulai dari tahap evaluasi, sosialisasi kegiatan, penyebaran kuesioner Pretest, Tahap Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Pelatihan dan penyebaran kuesioner Postest. Pemanfaatan dana hibah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi salah satunya untuk pelatihan pemasaran digital bagi mitra UMKM, mulai dari pembahasan Social Media Marketing (SMM), Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), cara pembuatan konten di Tiktok dan cara membuat landing page, dengan tujuan agar mitra UMKM dapat menambah wawasan terkait pemasaran digital. Hasil dari pendampingan ini terlihat dampak bahwa mitra UMKM bisa memahami dan menerapkan pemasaran digital yang merupakan kebutuhan dari bisnis yang saat ini berjalan. Peningkatan pemahaman dari cukup paham menjadi paham merupakan suatu hal yang positif dan perlu pelatihan lebih lanjut lagi terkait dengan perkembangan teknologi. Kata kunci: UMKM, Media Sosial, Marketing |