| JudulANALISIS FAKTOR YANG DI PERTIMBANGKAN MAHASISWA FEB UNTAD BERBELANJA PADA ONLINE SHOP TOKOPEDIA |
| Nama: MIFTA FARID |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK MIFTA FARID, 2025. Analisis Faktor Yang Di Pertimbangkan Mahasiswa FEB Untad Berbelanja Pada Online Shop Tokopedia, dibimbing oleh Syamsul Bahri Dg. Parani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako (FEB UNTAD) dalam berbelanja melalui online shop Tokopedia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 100 responden, serta dianalisis menggunakan metode analisis faktor dan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian dari 26 indikator awal, setelah melalui uji validitas, reliabilitas, serta analisis faktor tahap demi tahap, diperoleh 22 indikator valid yang kemudian dikelompokkan menjadi 9 faktor utama berdasarkan nilai Eigenvalue > 1. Faktor-faktor tersebut meliputi daya tarik produk, keamanan data, kualitas dan kepercayaan produk, strategi harga, efisiensi transaksi dan logistik, kualitas layanan pelanggan, kelayakan harga produk, ketersediaan harga, serta variasi pengiriman yang teridentifikasi selama rotasi faktor. Hasil ini memberikan wawasan bagi pelaku e-commerce, khususnya Tokopedia, serta menjadi kontribusi terhadap literatur perilaku konsumen digital di kalangan mahasiswa. Kata Kunci : e-commerce, Tokopedia, mahasiswa, analisis faktor, perilaku belanja online |