JudulOPTIMASI PEMASARAN SEKOLAH DASAR : PENDEKATAN INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ORANG TUA DAN CITRA SEKOLAH |
Nama: NANDA NUGRAHA FADILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana optimalisasi kerjasama pihak sekolah untuk meningkatkan citra sekolah dan partisipasi orang tua dalam peningkatan kualitas dan kesadaran anak untuk sekolah di SD Inpres Kecil Salena Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan data Teknik pengumpulannya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. penelitian ini melibatkan pihak sekolah, kepala sekolah, dewan guru dan orang tua siswa sebagai sumber data primer. sumber data sekunder profil data sekolah, visi misi, dan data siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin SD Inpres Kecil Salena telah melaksanakan optimasi pemasaran sekolah dasar dalam meningkatkan citra sekolah dengan menjalin hubungan baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar, mengadakan program keagamaan, menyelenggarakan ekstrakulikuler sesuai dengan kebutuhan siswa, memperkuat kompetensi dasar tim sekolah, melaksanakan pemasaran jasa Pendidikan. optimasi ini dilakukan sekolah dari tahap perencanaan sampai pada tahap evaluasi yang dilakukan secara berkesinambungan Kata Kunci : Optimasi, Pemasaran, Orang tua, citra sekolah |